Sumur Warga 11 Desa di Kecamatan Galis Mulai Mengering

1507 views
image

warga cari air di sumur

Bangkalan, maduracorner.com  – Setidaknya terdapat 11 dari 23 desa di kecamatan Galis yang mulai mengalami dampak kekeringan. Yakni desa Separah, Kajuanak, Pekadan, Tlagah, Pakaan Laok, Galis, Kranggan Timur, Longkek, Daleman, Kelbung dan Desa Tellok.

Perlahan namun pasti, sumur warga yang menjadi andalan masyarakat di desa tersebut tampak mulai mengering. “Sudah seminggu ini sumur saya mulai mengering pak,”keluh Matnari kepada maduracorner.com saat bertemu di jalan desa Separah, rabu (29/7/2015) siang.

Matnari menuturkan, ancaman kekeringan ini memang mulai dirasakan warga desanya. Mereka pun harus rela mencari air dan antre mulai pagi buta demi mendapatkan air bersih di sumur-sumur warga yang masih mengeluarkan air. “Selain menunggu cukup lama, kami juga harus antri. Ya meski hanya untuk mendapatkan 2 ember saja,”tuturnya.

Kekeringan sumber air di sumur-sumur warga di 11 desa tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Galis, H Aman. Menurut penjelasannya, kondisi ini dari tahun ke tahun selalu terjadi. Pihaknya pun berupaya agar warga bisa mendapatkan bantuan air bersih dari Pemkab Bangkalan.

“Hari ini para Camat beserta instansi terkait lainnya lagi rapat di kantor pemkab dengan Bupati Bangkalan. Ya salah satunya untuk membahas bantuan air bersih terhadap desa-desa yang mengalami kekeringan,”jelas mantan Sekcam Socah tersebut. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sharaawy

Email Autoresponder indonesia