Tahapan Pemilu 2024 Diluncurkan, Bawaslu Bangkalan Lakukan Sosialisasi Pengawasan

159 views
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan saat menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipasif bersama Organisasi Kepemudaan Se -Kabupaten Bangkalan di Auditorium Gedung Stikes NHM.

BANGKALAN, Maduracorner.com, Tahapan Pemilu 2024 kini telah dimulai. Tanggal 14 Juni 2022 ditetapkan sebagai awal mula dimulainya tahapan Pemilu 2024.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan tak tinggal diam sejak tahapan pemilu 2024 dinyatakan dimulai.

Upaya pengawasan pun kini mulai dirancang, diantaranya menggelar sosialiasi pengawasan partisipatif pemilu tahun 2024 bersama Organisasi Kepemudaan (OKP) Se-Kabupaten Bangkalan.

Dikutip dari penanews.id, Kegiatan yang berlangsung di aula Kampus Ngudia Husada Madura (NHM) pada Rabu, 15 Juni 2022 kemarin. Kegiatan tersebut menghadirkan Bakesbangpol Kabupaten Bangkalan dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur sebagai Narasumber.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan Ahmad Mustain Saleh menyampaikan, sosialisasi ini sebagai langkah pertama memulai pengawasan tahapan dengan melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif.

“Kick off yang baik untuk pengawasan pemilu 2024, kita hari ini mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan pengawasan pemilu di semua tahapan. Tanpa terkecuali para pemuda yang tersebar di 18 Kecamatan,” kata dia saat sambutan.

Pengawasan pemilu, sambung Mustain, tidak bisa hanya bertumpu kepada Bawaslu dengan keterbatasan Sumber daya Manusia. Dengan jumlah pengawas di kabupaten lima orang, Pengawas di tingkat Kecamatan tiga orang, Panwas desa dan pengawas ditingkat TPS hanya satu orang.

“Dengan keterbatasan sumber daya manusia pengawas ini tentu menjadi problem tersendiri untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh. Sehingga partisipasi semua pihak untuk membumikan pengawasan dapat mencegah terjadinya pelanggaran pemilu,” imbuh dia.

Mustain bilang bahwa Bawaslu Kabupaten sejak tanggal 10 Juni 2022 telah menyediakan meja pendaftaran pemantau pemilu. Ia membuka ruang kepada OKP atau lembaga sosial yang ingin terlibat langsung dalam pengawasan pemilu.

“Jadi bagi organisasi kepemudaan yang memiliki lembaga berbadan hukum mari bergabung dengan Bawaslu,” pinta dia seraya menutup pembicaraan. (Abdi/Ris)

banner 468x60)

 maduracorner.com Auditorium Gedung Stikes NHM Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Kabupaten Bangkalan Kepemudaan Melenial menggelar sosialisasi Organisasi Pengawasan Partisipasif Se -Kabupaten Bangkalan

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia