Tahapan Pilkades Bangkalan Masuk Penelitian Berkas

745 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Setelah tahap pendaftaran calon ditutup pada 1 Maret 2021 kemarin, saat ini tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bangkalan, memasuki tahap penelitian berkas administrasi bakal calon Kepala Desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Kabupaten Bangkalan, Handiyansyah mengatakan Tahapan Pilkades saat ini sudah masuk penelitian berkas. Penelitian berkas para calon ini akan dilakukan selama 20 hari, terhitung pada tanggal 2 Maret 2021.

“Berkas administrasi nantinya P2KD yang meneliti dan memverikasi berkas calon yang sudah terkumpul, setelah itu nanti dilakukan skoring,“ ucap Handiyansyah saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa, (2/2/2021).

Ia menambahkan, Sesuai dengan ketentuan Peraturan Bupati Bangkalan No 89 Tahun 2020. Jika bakal calon Kepala Desa yang memenuhi persyaratan lebih dari 5 (lima) orang, maka panitia pemilihan melakukan seleksi tambahan dengan menggunakan kriteria Pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia, dan uji kompetensi oleh lembaga yang berkompeten dan independen.

“Apabila dalam penelitian tersebut terdapat lebih dari 5 calon maka nanti dilakukan skoring dan uji kompetensi. Untuk skoring akan dilakukan oleh P2KD, sedangkan uji kompetensi itu akan dilakukan oleh pihak akademisi yang ditentukan oleh TFPKD (tim fasilitator pemilihan kepala desa).

Ia mengungkapkan, ada sebelas desa yang bakal calonnya lebih dari lima pendaftar, sehingga sebelas desa tersebut wajib mengikuti uji kompetensi.

“Minimal ada dua pendaftar dan maksimal lima orang pendaftar. Sebelas desa yang kelebihan pendaftar, maka desa tersebut akan dilakukan uji kompetensi,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Pemungutan suara Pilkades serentak di Kabupaten Bangkalan akan digelar pada hari Rabu, 5 Mei 2021 mendatang, yang akan dilaksanakan di 120 desa. (Ris)

Email Autoresponder indonesia