Program D III Dan PT Ikatan Dinas Jadi Pilihan Alternatif Siswa SMADA

Program D III dan PT Ikatan Dinas  |   Oleh : Aryan

Kasek SMAN 2 Bangkalan, Abu Husnul Arkan-Foto : Aryan/MC.com

Kasek SMAN 2 Bangkalan, Abu Husnul Arkan-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Meski pun pengumuman hasil kelulusan Unas sekitar 2 minggu lagi. Namun sebagian besar siswa SMA Negeri  2 (SMADA) Bangkalan sudah mulai ambil ancang – ancang untuk melanjutkan pendidikan ke Program Diploma (D) III dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang Ikatan Dinas. “Hampir sebagian besar siswa SMAN 2 Bangkalan memilih Program D.III dan PT. Ikatan Dinas jadi pilihan alternatif untuk melanjutkan kuiahnya,” ujar Kasek SMAN 2 Bangkalan, Abu Husnul Arkan kepada MC.com, Jum’at (19/4).

Menurut Arkan, siswa yang memilih Program D III dan PT Ikatan Dinas itu bisa dilihat dari buku laporan siswa yang akan melanjutkan ke PT dan yang tertulis di memory kenangan siswa kelas XII. Kebanyakan orang tuanya berasal dari keluarga kurang mampu tapi punya kemampuan biha di sekolah. Sebagian lagi, dari orang tua siswa itu berpenghasilan sedang dan ingin anaknya jadi sarjana tapi cepat mendapat pekerjaan. Sedangkan yang memilih PTN  Fakultas Kedokteran atau  Fakultas Ilmu Keperawatan, farmasi, Kebidanan dan ITS juga banyak. “Umumnya, siswa yang memilih PTN biasa itu, ortunya lumayan mampu untuk membiayai kuliah anaknya,” ungkap Arkan.

Sementara itu, dari hasil wawancara MC.com dengan Nazurullah kelas XII IPA 1 yang dikenal pinter dan juara 1 sejak kelas X-XII, tengah  mencari surat keterangan di SMA 2 Bangkalan, mengatakan memilih PT yang ikatan dinas. “Saya akan coba-coba melamar di Sekolah Tinggi Akuntan Negeri (STAN) atau Akademi Minyak dan Gas (AMIGAS). Sebab, begitu lulus langsung diangkat sebagai PNS. Maklum mas, ortu saya hanya berjualan rujak dan es dengan,” kata Nazurullah. (yan/min).

 

Email Autoresponder indonesia